Kelebihan Motor Dengan DOHC dan SOHC - Yusuf Nagamas motor brebes
Beranda · Matic · sport · Cub · Promo

Kelebihan Motor Dengan DOHC dan SOHC

Brebes, (7/5) Motor SOHC dan Motor DOHC.
apa itu teknologi SOHC dan DOHC?, Mesin terdiri sari beberapa komponen penggerak yang berfungsi menggerakkan antara satu dengan yang lainnya. Mesin motor honda kini hadir dengan 2 type mesin yaitu SOHC dan DOHC. Mesin ini memiliki kelebihan masing-masing antara yang satu dengan yang lainnya.


Mari kita jelaskan keunggulan DOHC.

Mesin DOHC memiliki keunggulan di putaran atas atau kecepatan tinggi, dengan 2 katup in dan 2 katup ex motor mampu menyemburkan tenaga yang lebih dari motor dengan 1 katup in dan ex saja. Sedikit flash back, katup in adalah katup dimana bahan bakar masuk ke ruang bakar dengan cara di alirkan ke katup in. Katup Ex adalah dimana jalan keluar bahan bakar yang di bakar di ruang pembakaran.

harga forza, warna motor forza


Dengan adanya 2 katup ini motor dapat akselerasi jauh lebih baik di putaran atas sehingga dapat melaju lebih kencang di bandingkan dengan SOHC. Mesin ini biasanya memiliki 6 speed contohnya ada di motor Honda CBR150, Honda CBR250RR.
motor yang sangat baik untuk jarak tempuh jauh untuk Mesin DOHC karena lebih baik suara serta pendinginannya di banding SOHC.

Kelemahan Mesin DOHC.

Di balik super power nya DOHC mesin ini biasanya sedikitnlambat di putaran bawah. alasannya jelas karena mesin di bebankan dengan memutar kruc as secara bersamaan dengan menggunakan rantai keteng. Ini di sebabkan oleh double nya katup sehingga terjadi pelambatan di RPM bawah.

Perawatan untuk DOHC juga tergolong mahal. Kenapa demikian? admin sudah tanya kepada beberapa pakar bahwa mesin yang menggunakan DOHC memiliki sperpart ganda sehingga sehingga jauh lebih mahal. Klep yang tidak bisa di rubah atau di stel lagi, karena DOHC menggunakan plat untuk menahan pembukaan klep, jika haus maka ini wajib di ganti. 


Kelebihan SOHC Pada Motor Honda.

Kelebihan dari motor dengan type ini adalah baiknya responsif di track awal atau tarikan awal. hal ini dikarenakan motor ini hanya memiliki 1 katup in dan 1 katup ex sehingga hanya di tarikan awal motornini dapat lebih cepat di bandingkan motor DOHC. Motor dengan type ini juga memiliki perawatan yang mudah serta klep nya dapay di atur sedemikian rupa. sehingga mengirit buget.

selanjutnya ada juga loh kelemahannya, kelemahan dari mesin dengan type ini sangat berisik serta memiliki suhu tinggi. hal ini mempengaruhi long track atau lintasan jarak jauh. karena motor ini memiliki 1 klep yang membuat motor jauh lebih panas di bandingkan 2 klep.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Kelebihan Motor Dengan DOHC dan SOHC"

Post a Comment

Halaman